السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Cara Agar Suara Bagus dan Nafas Panjang


Memiliki suara indah dan bagus pasti kita semua mengiinginkannya, apalagi bagi anda yang senang dan rajin membaca Al-Qur’an. Berikut ini tips-tips agar Anda memiliki suara indah dan bagus tersebut:

Senandung Musik Positif
1.       Setelah subuh, masukan ke dua jari telunjuk Sobat ke dalam tenggorokan dan biarkan lendir-lendir yang ada di dalamnya ke luar. Tapi ingat sobat jangan dulu sikat gigi, karena terkadang lendirnya tidak akan keluar setelah sobat sikat gigi. 

2.       Teteskan air kedalam hidung Sobat, biarkan lendir-lendir yang ada dalam hidung Sobat ke luar bersamaan dengan lendir yang ada dalam tenggorokan.

3.       Minumlah air hangat saat tengah malam, tetapi jangan langsung di minum kumurlah terlebih dahulu. kumur dengan menadahkan ke atas terus rasakan air tersebut sampai terasa di tenggorokan dan telan sedikit demi sedikit.

4.       Jagalah makanan juga minuman Sobat, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung santan, berminyak, dan minuman es. Minumlah air putih hangat sehabis konsumsi yang mais-manis, dingin dan berminyak.

Suara baguspun tidak cukup menjadi modal , keseimbangan pernafasan yang baik dan panjang menjadi faktor yang sangat mempengaruhi dalam melatih suara Sobat menjadi indah dan bagus. Berikut ini saya uraikan cara-caranya:

1.    Masukan muka sobat kedalam air bak mandi atau kalau sedang renang, dan teriaklah didalam air dan lakukan beberapa kali. Setelah itu cobalah nyanyikan lagu apa saja dengan tempo yang panjang.

2.    Simpan 1 buah lilin dengan jarak 10 cm, coba sobat tiup lilin tersebut, dan terus tambah jaraknya. lakukan latihan ini sesering mungkin. Hal ini bertujuan membantu nafas Sobat menjadi panjang karena dengan sering latihan seperti ini membran katup paru-paru sobat bisa lentur mengembang untuk mampu menampung volume udara sebanyak mungkin yang masuk kedalam.

3.   Rajin-rajinlah lari pagi agar nafas dan stamina tubuh Sobat terutama otot diafragma  dan dada serta leher rahang atas menjadi lebih kuat. Hal ini akan membantu Sobat menjadi lebih fit dan fresh saat berkiprah berolah vokal.

Itu sedikit ilmu tentang "Cara Agar Suara Bagus dan Nafas Panjang" selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Insya Allah postingan selanjutnya saya akan coba bahas tentang "Latihan Senam Vokal atau Suara"

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di blog Senandung Musik Positif, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!